PECEL SEMANGGI SUROBOYO


Tidaklah lengkap apabila kalau kita berkunjung ke suatu daerah tidak mencicipi masakan khas daerah setempat. Kalau kita perhatikan setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai masakan khasnya, dengar kata “ SATE “, pastilah orang akan mengarah makanan adalah khas MADURA, walaupun daerah-daerah lain juga mempunyai masakan sate, seperti di Padang Sumatra Barat juga mempunyai makanan sate yang khas. Rendang, Nasi Kapau orang akan mengarah bahwa makanan tersebut adalah berasal dari Padang.

Saya sudah beberapa kali melakukan perjalanan ke daerah-daerah , perjalanan adalah dalam rangka tugas., tetapi disela-sela tugas saya selipkan untuk bisa plesir, kan lumayan bisa plesir dengan gratis-kan dibiayai oleh kantor.. Kalau di Jawa mulai dari Jakarta sampai sudah Banyuwangi pernah saya kunjungi. Setiap daerah yang saya kunjungi mempunyai masakan yang khas. Saya akan mencoba berbagi pengalaman, terutama yang berkaitan dengan makanan khas daerah.Kita mulai saja di Kota Pahlawan Surabaya, Kota Surabaya tidaklah asing bagi saya karena sejak duduk di bangku SMP saya sudah menetap di Surabaya. banyak makanan yang unik di Kota ini , seperti lontong balap, tahu tek, tahu campur, Soto Madura dll . tetapi saya mencoba untuk membahas makanan khas Surabaya , yaitu PECEL SEMANGGI.

Kalau kita dengar lagu SEMANGI SUROBOYO, itulah ciri khas makanan kota pahlawan – Surabaya. SEMANGGI adalah sekelompok tanaman paku air (Hydropterides) dari marga (Marsilea) , tanaman ini biasanya tumbuh di pematang-pematan sawah pinggir sungai. Secara morfologi bentuk tumbuhan ini sangat khas, karena bentuk daunnya yang menyerupai payung yang tersusun dari empat kelopak anak daun yang berhadapan.

Semanggi kebanyakan diproduksi oleh masyarakat disekitar daerah Benowo – Tandes. Daerah Benowo sendiri adalah daerah yang letaknya di pinggir barat Kota Surabaya yang berdekatan dengan Kabupaten Gresik, sehingga keberadaan Semanggi masih cukup banyak ditemukan, karena lahan-lahan tumbuhnya semanggi masih memungkinkan.

Keberadaan makanan semanggi makin hari makin tenggelam dan sulit ditemukan dan langka, penjualnya pun makin sedikit, dan tidak ada generasi penerus penjual semanggi yang mau meneruskan usaha tersebut, sedangkan penjual semanggi sudah berusia lanjut, dan tak sanggup lagi untuk berkeliling berjualan semanggi keluar masuk kampung. Tapi jangan kuatir kalau makanan kebanggaan arek Suroboyo musnah begitu saja masih ada tempat penjual semanggi yang masih bertahan, yaitu :
 Mak Ati yang sudah 20 tahun berkeliling di kawasan Jalan Diponegoro dan Genteng
 Di Gerai STS (Semangi Top Surabaya) di Rumah Makan Antariksa Jl. Diponegoro
 Di Hotel Surabaya Plaza atau dulu Hotel Radison, yang berada di kawasan Surabaya Plaza di depan RRI Surabaya, juga dapat ditemui makanan khas ini, sudah barang tentu harganya sekelas tempatnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s